Rabu, 23 November 2016

Proses Perulangan (Looping)

Pengulangan(looping) adalah suatu bagian yang bertugas melakukan kegiatan mengulang suatu proses sesuai dengan yang diinginkan. Banyak dari aplikasi perangkat lunak yang melakukan pekerjaan berulang sampai sebuah kondisi yang diinginkan, oleh karena itu pengulangan merupakan bagian yang penting dalam pemrograman karena dengan adanya pengulangan pembuat program tidak perlu menulis kode program sebanyak pengulangan yang diinginkan.
Jenis - jenis perulangan :
a.   FOR
Syntax :  for (inisialisasi ; syarat ; penambahan) {
pernyataan}
inisialisasi        : keadaan awal dari variabel control
syarat               : ekspresi relasi yang merupakan kondisi
penambahan    : pengatur perubahan nilai variabel control
Contoh :
for (i=0;i<10;i++)
{
p=2+i;
}
b.   WHILE
Syntax :  while (kondisi){
pernyataan}
Contoh :
i=0
while (i<10)
{
p=2+i;
i++;
}
c.   DO – WHILE
Syntax :  do {
pernyataan}
while (kondisi);
Contoh :
i=0
do
{
i++;
}
while (i<10)

d.   Statemen BREAK

Statemen BREAK berfungsi untuk keluar dari perulangan atau loop baik itu FOR, WHILE maupun DO WHILE. Statemen Break juga berfungsi untuk menuju akhir dari statemen SWITCH (penyeleksian). Pada perulangan menggunakan FOR, statemen BREAK akan mengarahkan program ke bagian akhir for tanpa mengerjakan perintah yang ada dibawahnya yang ada didalam FOR.

e.   Statemen CONTINUE

Statemen CONTINUE untuk mengarahkan eksekusi proses program ke proses berikutnya dalam satu perulangan atau loop yang sama. Pada perulangan WHILE dan DO WHILE, statemen CONTINUE menyebabkan eksekusi menuju ke proses pengujian kondisi perulangan.

Sedangkan pada perulangan FOR, statemen CONTINUE menyebabkan eksekusi program menjalankan operasi perubahan nilai pengendali perulangan pada FOR lalu dilanjutkan dengan mengujinya sesuai syarat kondisi perulangan.






Lebih jelasnya lagi bisa download pada link dibawah ini :

https://drive.google.com/open?id=0B2QNW259uEErRHdZNGVaQ1hzakE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar